MEKANISME PENYELESAIAN SENGKETA INTERNASIONAL DALAM PERSPEKTIF HUKUM INTERNASIONAL

Authors

  • Tiara Yasin Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Indra Utama Tanjung Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Chantika Salsabillah universitas Pembangunan Panca Budi
  • Cintya Maharani Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Tiara Edlis UNPAB
  • Zidan Alfalah UNPAB

Keywords:

Hukum Internasional, Sengketa Internasional, Sengketa Hukum, Sengketa Politik, Hukum Normatif

Abstract

Hukum internasional adalah hukum yang mengatur semua kegiatan pada skala internasional. Hukum internasional juga bertujuan untuk menciptakan ketertiban dan keadilan dalam masyarakat internasional. Mekanisme penyelesaian sengketa yang dibuat oleh masyarakat internasional umumnya dimaksudkan untuk tujuan utama, yaitu menyediakan cara bagaimana sengketa internasional harus diselesaikan secara damai. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan cara menyelesaikan sengketa di ranah internasional yang dihadapi oleh negara-negara. Ada banyak solusi di sebuah negara untuk menyelesaikan sengketa internasional dan semua itu tergantung pada masing-masing negara dalam penulisan ini ada penyelesaian sengketa secara damai dan dalam penyelesaian sengketa ini juga dapat melalui Mahkamah Internasional. Penelitian ini menggunakan hukum normatif karena mengkaji prinsip-prinsip, konsep hukum, dan menggunakan sumber data sekunder berupa peraturan tertulis, undang-undang, keputusan pengadilan, dan teori hukum. Penelitian hukum normatif juga disebut penelitian hukum doktrinal, dalam penelitian normatif yang mengkaji apa yang ada dalam tulisan, dilihat dari penerapan perundang-undangan sebagai hukum yang berlaku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Zainuddin. 2010. Metode Penelitian Hukum, Jakarta : Sinar Grafika.

Araoujo, C. J. S. De. (2021). Upaya Timor Leste Dan Indonesia Dalam Penyelesaian Sengketa Batas Darat (Kasus Bidjael Sunan-Oben). Universitas Komputer Indonesia.

Guhri, M. G. G. (2023). ANALISIS HUKUM PENYELESAIAN SENGKETA SECARA DAMAI AKIBAT PEMBATALAN PERJANJIAN SECARA SEPIHAK OLEH NEGARA DIBIDANG PERDAGANGAN INTERNASIONAL (STUDI KASUS AUSTRALIA FUTURE SUBMARINE

Laksmi, L. G. C. S., Mangku, D. G. S., & Yuliartini, N. P. R. (2022). Peran Indonesia dalam Penyelesaian Sengketa Internasional di Laut Cina Selatan. Jurnal Komunitas Yustisia, 5(2), 225–242.

Lex et Societatis, 1(3).

Novianto, R. D., Firmansyah, D. A., & Pratama, N. A. (2020). Penyelesaian Sengketa di Laut Natuna Utara. Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, 3(1), 69–78.

Paat, Y. L. (2013). Penyelesaian Sengketa Rahasia Dagang Menurut Hukum Positif Indonesia.

Primayanthi, I., & Sarna, K. (2015). Mekanisme Penyelesaian Sengketa Internasional (Studi Kasus Nikaragua - Amerika Serikat). Journal Ilmu Hukum, 03(02), 1–5.

PROGRAM). Universitas Hasanuddin.

Putu Adinda Aneira Adnyana Putri. (2022). Peranan Hukum Internasional Dalam Menyelesaikan Sengketa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 197–205. https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.52026

Rakhmawati, N. A., Rachmawati, A. A., Perwiradewa, A., Handoko, B. T., Pahlawan, M. R., Rahmawati, R., Dewi, L. R., & Naufal, A. (2019). Konsep Perlindungan Hukum Atas Kasus Pelanggaran Privasi Dengan Pendekatan Perundang-Undangan Dan Pendekatan Konseptual. Justitia Jurnal Hukum, 3(2).

Ruslijanto, P. A., Puspitawati, D., Kusumaningrum, A., Ula, H., & Saraswati, A. A. A. N. (2022). Hukum Penyelesaian Sengketa Internasional. Universitas Brawijaya Press.

Setiawati, N., Mangku, D. G. S., & Yuliartini, N. P. R. (2019). Penyelesaian Sengketa Kepulauan Dalam Perspektif Hukum Internasional (Studi Kasus Sengketa Perebutan Pulau Dokdo antara Jepang-Korea Selatan). Jurnal Komunitas Yustisia, 2(3), 168–180.

Yoelanda, L. K. D. (2017). Tinjauan Terhadap Dispute Settlement Mechanism Asean Dalam Menyelesaikan Sengketa Antar Negara Anggota. Jurnal Hukum Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Untan (Jurnal Mahasiswa S1 Fakultas Hukum) Universitas Tanjungpura, 5(2).

Downloads

Published

2024-02-15 — Updated on 2024-05-02

How to Cite

Tiara Yasin, Indra utama tanjung, Chantika Salsabillah, Cintya Maharani, Tiara Edlis, & Zidan Alfalah. (2024). MEKANISME PENYELESAIAN SENGKETA INTERNASIONAL DALAM PERSPEKTIF HUKUM INTERNASIONAL. Juris Sinergi Journal, 1(1), 35–41. Retrieved from https://journal.sinergilp.com/index.php/jsj/article/view/8

Issue

Section

Articles